News Update
Loading...

Resep Tahu Petis



Resep Membuat Tahu Petis Khas Kota Semarang Katalog Kuliner

Resep Sambal Petis Khas Jawa Timur

admin | 11/10/2019 | Saus & Sambal |
Gambar Sambal Petis

ResepMedia.com – Mudah dan cepat membuat resep sambal petis. Petis, dalam masakan atau kuliner Indonesia, bumbu ini sudah tidak asing lagi. Petis dihasilkan sebagai produk sampingan dari olahan makanan berkuah kental seperti pindang. Dalam olahan petis, kemudian akan ditambahkan caramel gula yang akan membuat warna petis tersebut menjadi hitam atau cokelat pekat dengan rasa yang manis. Boyolali, Jawa Tengah merupakan wilayah di Indonesia yang merupakan penghasil petis sapi. Petis ini memiliki aroma amis karena berasal dari sampingan olahan sapi berupa abon dan dendeng. Aromanya berbeda dengan petis lain yang umum seperti petis udang atau pets kupang. Petis berbeda dengan terasi namun aromanya hampir sama. Biasanya, petis digunakan dalam bumbu kuliner khas seperti rujak cingur, tahu campur dan tahu tek, atau telur petis. Telur petis misalnya, makanan ini asli dari Surabaya yang dibuat menggunakan petis dengan rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Di beberapa daerah, bahkan ada juga yang menambahkan petis tersebut dalam sambal rujak untuk rujak yang rasanya semakin gurih dan segar dalam pedasnya sambal tersebut.

Masakan khas Jawa Timur, seperti telur petis dari Surabaya tersebut hanya merupakan salah satunya saja. Masih banya lagi makanan lainnya yang divariasikan berasal dari Jawa Timur yang dimasak dengan menggunakan petis tersebut. Salah satu yang paling umum dan sudah terkenal adalah resep sambal petis. Sambal ini merupakan resep rumahan namun juga menjadi menu pelengkap dalam beberapa menu spesial yang biasa disajikan di restoran atau rumah makan khas Jawa Timur tersebut. Jika Anda ingin mencobanya, Anda tidak perlu bingung. Berikut resep spesial sambal petis yang bisa Anda buat dan sajikan langsung di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan prosesnya pun tergolong mudah dan cepat.

Bahan-Bahan Membuat Sambal Petis:

  1. Petis udang, 5 sendok makan. Sangat disarankan menggunakan petis udang untuk mendapatkan aroma petis yang khas. Aroma petis udang tidak amis dan sesuai dengan selera orang Indonesia.
  2. Cabai rawit segar, 12 buah. Cuci bersih, kemudian iris halus. Bahan ini opsional. Jika Anda ingin rasa yang lebih pedas maka tinggal tambah saja jumlahnya.
  3. Lengkuas, 2 cm. Memarkan.
  4. Daun salam, 1 lembar.
  5. Daun jeruk, 3 lembar.
  6. Air asam Jawa, 2 sendok makan.
  7. Minyak goreng untuk menumis sekitar 3 sendok makan atau secukupnya.
  8. Santan, 300 ml. Jika Anda tidak terlalu menyukai penambahan santan untuk kesehatan, maka bisa diganti dengan air saja.
  9. Garam, secukupnya.
  10. Bahan yang dihaluskan:
  • Cabai merah segar, 5 buah.
  • Cabai hijau segar, 5 buah.
  • Bawang putih, 6 siung.
  • Bawang merah, 12 siung.
  • Kunyit, 1 cm.
  • Garam, secukupnya.

Cara Membuat Sambal Petis:

  1. Haluskan bumbu yang harus dihaluskan menggunakan ulekan atau blender. Jika Anda ingin berkreasi untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih khas, maka cabai rawit yang diiris tersebut bisa dibiarkan utuh dan ikut dihaluskan bersama bumbu halus tersebut.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bumbu yang dihaluskan tersebut beserta daun salam, daun jeruk, dan lengkuasnya. Aduk rata dan tumis hingga aromanya keluar.
  3. Setelah bumbu matang, masukkan cabai rawit serta petis udang dan air asam Jawa. Aduk kembali hingga rata dan cabai rawit tersebut sedikit layu.
  4. Tuangkan santan kemudian aduk perlahan hingga mendidih. Jangan lupa cicipi rasanya, apakah sudah sesuai dengan selera atau belum. Anda bisa menambahkan garam atau gula untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.
  5. Apabila sambal tersebut telah mengeluarkan minyak, terlihat berminyak maka dan santan mulai menyusut maka sambal telah matang dan siang untuk segera di sajikan.

Sebagai salah satu hidangan sambal khas Indonesia yang populer, sambal goreng petis tentu memiliki penyajian khasnya tersendiri. Anda bisa menyajikan sambal ini bersama lauk seperti ikan, ayam, maupun bebek yang digoreng atau dibakar. Seperti telur petis di Surabaya yang merupakan salah satu kreasi hidangan petis, sambal petis ini pun bisa Anda kreasikan sebagai sambal petis udang.Untuk sajian khas pedas lainnya, coba juga buat tahu gejrot khas Cirebon.

Gallery Resep Tahu Petis

Yakin Tidak Mau Coba Resep Tahu Telur Bumbu Petis Yang

Resep Memasak Tahu Bumbu Rujak Petis Sedap Nikmat Buku

Resep Tahu Telur Sambal Kacang Petis Khas Jawa Timur Yang

Resep Tahu Petis

Resep Tahu Petis Oleh Iren Natty Cookpad

Tahu Petis Resep

Resep Kupat Tahu Petis Resep Masakan Indonesia

Resep Tahu Petis Ala Kaki 5 Oleh Magda Nana Cookpad

Resep Tahu Petis Semarangan Oleh Nia Syifa Cookpad

Tahu Stock Photos Tahu Stock Images Alamy

Resep Tahu Petis Jawatimuran

Resep Membuat Tahu Petis Khas Semarang

Resep Cara Membuat Tahu Petis Gurih Praktis Ekonomis

Tahu Petis By Fah Umi Yasmin

Resep Cara Membuat Sambal Atau Bumbu Petis Sederhana Yang

Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana Resep

Tahu Petis Halilintar Kayuagung Radio

Resep Cara Membuat Tahu Goreng Sambal Petis Baca Resep

Tahu Tek

Pencinta Tahu Petis Posts Facebook

Diah Didi S Kitchen Tahu Petis Pedas Recepty Sladosti Di

Resep Sambal Petis Khas Jawa Timur Resep Masakan Kuliner

Jual Tahu Petis Khas Semarang Oleh 2 Goreng Siap Saji Udang Isi Original Jakarta Barat Lumba2 Oleh2 Semarang Tokopedia

Yakin Tidak Mau Coba Resep Tahu Telur Bumbu Petis Yang

Resep Tahu Petis Asli Semarang Resep Masakan Nusantara


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama