News Update
Loading...

Resep Kue Coro Bikang



Kue Bikang Jajanan Pasar Yang Masih Diburu Masyarakat

Resep Cara Membuat Kue Bikang Mawar Mekar yang Empuk

Resep kue bikang menghasilkan kue basah yang lembut, manis dan legit. Nama lain dari kue ini adalah kue carabikang atau corobikan (di Jawa Timur), merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang masih bisa bertahan sampai saat ini. Cara membuat kue bikang biasanya berbentuk mirip serabi, namun kadang ada yang mekar terlihat seperti bunga mawar atau teratai. Memang sedikit ribet untuk membentuk namun hasilnya sangat cantik apalagi kalau diwarnai dengan hijau dan merah muda. Sangat menggugah selera makan para penikmat kue. Bahan utama bikang sama dengan kue basah pada umumnya tepung, santan dan gula. Untuk cara membuat bikang mawar kita perlu beberapa senjata tambahan selain cetakan bikang. Benda yang diperlukan adalah tutup botol dan gelas. Sediakan juga 2 pewarna makanan yaitu merah dan hijau, bisa warna lain namun bikang di pasar biasanya memakai dua warna ini.
© fb.com/aga.kidzshop
Bahan Kue Bikang:
  • Tepung beras (rose brand) 200 gram
  • Tepung terigu 300 gram
  • Santan kara 1 bungkus
  • Air 600 ml
  • Gula pasir 250 gram
  • Vanili bubuk 1 sachet kecil
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan (merah dan hijau) 
Baca juga: Resep Kue Moho Mekar Rasa Original khas Semarang

Cara Membuat Kue Bikang:

Pertama-tama campurkan tepung terigu, beras, gula dan vanili. Selanjutnya santan dicairkan dengan air lalu tambahkan sedikit garam dan dipanaskan sampai mendidih. Tuangkan santan ke dalam tepung sedikit sedikit sambil diaduk sampai gula larut dan dihasilkan adonan yang licin (pastikan tidak ada yang mengumpal). Tutup wadah dengan kain, lalu biarkan dingin selama se-jam. Bagi adonan ini menjadi 3 bagian, dimana bagian pertama ditambahkan warna hijau, bagian kedua diberi warna merah sedangkan bagian ketiga dibiarkan begitu saja, warna putih. Panaskan cetakan kue bikang sampai benar-benar panas lalu setel ke api sedang. Tuangkan adonan hijau sampai sepertiga bagian cetakan, masak sampai sedikit keras lalu tuangkan adonan putih, panaskan sebentar dan terakhir tuangkan adonan merah sampai cetakan penuh. Masak sampai kue bikang terlihat berlubang dengan rongga rongga kecil. Angkat cetakan, dinginkan lalu keluarkan si kue bilang. Ambil gelas lalu taruh dalam keadaan terbalik. Taruh bikang di atasnya, bagian hijau ada di bawah. Tancapkan tutup botol tepat di tengah kue lalu bagi bagian samping menjadi 6 bagian (kelopak bunganya). Tarik kelopak tersebut ke bawah, copot tutup botol dan pasti terlihat hasilnya kue bikang mawar yang cantik. Resep kue bikang telah selesai, segera makan selagi hangat agar lebih enak. Jangan terlalu lama menyimpan kue basah satu ini, karena teksturnya cepat mengeras apalagi kalau disimpan di kulkas. Agar bikang mawar empuk banyak yang menyarankan menambahkan 1 butir telur sebagai pengemulsi, selain berfungsi melembutkan juga bisa menjaga tekstur kue agar tidak mudah bantat. Telur kocok lepas bisa dimasukkan saat membuat adonan.

Baca juga: Apa itu Emulsifier Kue si Pelembut Roti

Untuk menjaga bentuk, sebaiknya jangan mencongkel dengan sendok saat mengeluarkan kue dari cetakan. Cukup taruh cetakan panas di dalam wadah berisi air sampai suhu kue turun lalu tinggal membalik cetakannya. Kue pasti bisa keluar dengan sendirinya.

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Kue Bikang Mawar Mekar yang Empuk. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Gallery Resep Kue Coro Bikang

Resep Cara Membuat Kue Bikang Simpel Lifestyle Fimela Com

Resep Dan Cara Membuat Kue Coro Bikang Kentang Enak Top

Resep Dan Cara Membuat Cara Bikang Pandan Mini Yang Lembut Manis Dan Lezat

Resep Kue Bikang Jawa Empuk Kenyal Sederhana Mudah

Cara Membuat Kue Pukis Empuk Dan Mengembang

Resep Cara Membuat Kue Cara Bikang Pandan Coklat Resep Membuat

Resep Membuat Kue Bikang Khas Banyuwangi

Diah Didi S Kitchen Cara Bikang Ubi Ungu

Resep Kue Cara Bikang For Android Apk Download

Cara Bikang Pandan Mini Semua Halaman Sajian Sedap

Cara Bikang Velvet

Carabikangmawar Instagram Photo And Video On Instagram

Resep Bikang Mawar Anti Gagal Oleh Rumaisaachsanudin Cookpad

Cara Bikang Atau Bikang Mawar Youtube

Resep Cara Bikang Mawar Oleh Erwin Tyas Cookpad

Cara Membuat Kue Carabikang Mawar Mekar Empuk

Resep Kue Bikang Mawar Cara Tradisional Lengkap Asahid

Resep Dan Cara Membuat Bikang Mawar Berserat Anti Gagal

Resep Dan Cara Membuat Kue Cara Bikang Yang Lembut Berserat Dan Lezat

Kue Cara Bikang Pandan Mini Di 2019 Makanan Camilan Dan

Resep Membuat Cara Bikang Istimewa Catatan Membuat Kue Dan

Resep Kue Bikang Istimewa Mekar Dan Berserat Notepam

Kue Cara Bikang

Resep Kue Cara Bikang Rasa Bika Ambon Resep Youtube

Resep Dan Cara Membuat Kue Bikang Mawar Bersarang Mantap Dafa Tubehd

Cara Bikin Kue Bikang Khas Jawa Timur Resep Masakan Jawa


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama