News Update
Loading...

Resep Kue Ubi Jalar



Resep Kue Ubi Jalar Goreng Sederhana Resep Kue Cemilan

Resep Klepon Ubi Jalar dan Cara Membuatnya

Gurih, Manis dan Lumer Dimulut! Inilah resep kue klepon ubi jalar yang bisa dibuat dengan mudah.

Klepon ubi jalar adalah salah satu dari sekian banyak varian kue klepon yang sering dibuat oleh ibu-ibu dirumah. Baik untuk sajian cemilan keluarga ataupun sebagai jamuan saat ada acara-acara tertentu, seperti acara arisan, pengajian, dan acara-acara penting lainya. Rasanya yang enak, gurih, manis dan lumer saat dimakan membuat kue tradisional ini disukai banyak orang.

Menggapa memakai ubi jalar? Kami menggunakan ubi jalar untuk bahan utama klepon ini karena beberapa alasan, misalnya bahan ini sangat mudah didapatkan, harganya terjangkau dan juga enak dibuat menjadi olahan apa saja. Dan yang paling penting karena ubi jalar punya banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Ternyata ubi jalar tak hanya dapat membuat perut menjadi kenyang, namun juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Ubi jalar mengandung lebih dari 400% kebutuhan sehari-hari untuk vitamin A, serta serat dan potasium hanya dalam satu buah ubi berukuran sedang. Juga terdapat gula alami didalam ubi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari kentang, namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Menurut artikel yang dikutip dari Livescience, satu buah ubi berukuran sedang atau sekitar 130 gram memiliki kalori sebesar 100 kalori dengan nol kalori dari lemak. Berbagai studi menyarankan untuk meningkatkan konsumsi ubi jalar untuk mengurangi berbagai penyakit. Itulah alasan resep klepon ubi jalar ini wajib untuk dicoba.

Untuk mengetahui masalah kesehatan apa saja yang dapat dibantu oleh ubi jalar, anda dapat membaca artikelnya yang pernah dibahas di situs kesehatan hellosehat.

Bahan-bahan Untuk Membuat Resep Kue Klepon Ubi Jalar

Kembali pada bahasan utama kita yaitu resep dan cara membuat kue klepon dari ubi jalar. Untuk membuat klepon ubi yang enak dan gurih, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah ubi jalar, tepung tapioka atau tepung pati, gula merah, daun pandan, kelapa parut dan vanili.

Ubi yang digunakan boleh ubi apa saja, anda boleh menggunakan ubi ungu, ubi cilembu, ubi madu atau ubi jenis lain. Namun disini kami menggunakan ubi madu untuk membuat kleponya.

Bagaimana Cara Membuat Klepon Ubi yang Enak dan Mudah?

Proses membuat klepon ini sangat mudah, waktu yang dibutuhkan untuk membuat klepon juga relatif cepat. Setelah anda memilih jenis ubi apa yang akan dibuat menjadi kue klepon, selanjutnya ubi tersebut dikupas dan dicuci hingga bersih lalu kukus ubi sampai empuk dan haluskan.

Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, vanili, dan garam. Kemudian buat menjadi adonan. Tinggal bentuk dan isi adonan dengan gula merah didalamnya sebelum kemudian direbus.

Pada resep klepon ini kami sengaja tidak menggunakan air kapur sirih untuk mengenyalkan klepon seperti pada resep kue klepon tepung beras yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Ini karena dengan menggunakan tepung pati saja hasil kue kleponya sudah kenyal dan tidak pecah, sehingga kami tidak memakai air kapur sirih lagi.

Untuk lebih detailnya lagi tentang resep dan panduan cara membuat kue klepon ubi jalar yang enak, anda bisa mengikuti langkah-langkah pada resep dibawah ini.

Gurih, Manis dan Lumer Dimulut! Inilah resep kue klepon ubi jalar yang bisa dibuat dengan mudah. 

  • Ubi Jalar (250 gram.)
  • Tepung tapioka (50 gram.)
  • Gula merah (60 gram.)
  • Garam (1 gram.)
  • Daun pandan (2 lembar.)
  • Kelapa parut (1 buah.)
  • Vanili (1 sendok teh.)
  • Air (secukupnya.)
  1. Kupas dan cuci bersih ubi jalar, lalu kukus ubi jalar beserta kelapa parut hingga matang. Selagi masih panas, haluskan ubi jalar hingga lembut, lalu dinginkan.

  2. Selanjutnya, campurkan ubi yang sudah dihaluskan tadi dengan tepung tapioka, vanili, dan garam. Kemudian campur dan uleni hingga adonan klepon bisa dibentuk. (Jika tepungnya sekiranya kurang bisa ditambahkan lagi sesuai kebutuhan).

  3. Ambil sedikit adonan klepon lalu pipihkan. Beri isian gula merah yang sudah disisir kemudian bentuk menjadi bulatan-pulatan kecil.

  4. Lakukan terus langkah nomer 3 diatas hingga semua adonan klepon habis.

  5. Sambil menunggu membentuk kue klepon selesai, didihkan air kedalam panci hingga mendidih, lalu masukkan daun pandan yang sudah di simpul.

  6. Jika air sudah mendidih dan klepon selesai dibentuk, kemudian masukkan bulatan-bulatan klepon tadi kedalamnya sedikit demi sedikit, masak hingga klepon mengambang. Angkat dan tiriskan.

  7. Terakhir, jika sudah agak dingin, kemudian guling-gulingkan klepon di atas kelapa parut yang sudah dikukus.

  8. Sajikan klepon ubi jalar dan santap bersama seduhan teh hangat. 

Agar hasilnya lebih cantik dan menarik, anda bisa membuat kue klepon warna-warni dengan menambahkan pewarna makanan.

Demikianlah resep dan cara membuat kue klepon ubi yang enak dan mudah, semoga resep ini bermanfaat bagi anda dan semua pembaca. Selamat mencoba!

Gallery Resep Kue Ubi Jalar

Resep Kue Talam Ubi Jalar Ungu Kukus Enak Praktis Menuresepkue

Resep Cara Membuat Timus Ubi Jalar Paling Enak Resep Dan Cara

Kue Kremes Si Manis Renyah Dari Ubi Jalar

Resep Camilan Enak Bola Ubi Isi Cokelat Legit Menggigit

20 Resep Camilan Ubi Enak Dan Mudah Dibuat

Resep Kue Lumpur Dari Ubi Jalar Resep Kuliner Cookpad

Cara Pembuatan Bolu Ubi Jalar

Resep Kue Pancake Ubi Jalar Buku Resep Masakan

Resep Bola Ubi Kopong Jajanan Kekinian Yang Ternyata Mudah

5 Resep Kue Berbahan Ubi Ungu Ini Bisa Dibuat Tanpa Perlu

Aneka Resep Olahan Makanan Dari Ubi Jalar

Bingka Ubi Jalar Sweet Potato Cake Recipe Daily Cooking

Ini Dia 10 Resep Olahan Menu Pencuci Mulut Dengan Bahan Ubi

Coba 7 Olahan Unik Dan Praktis Dari Ubi Ungu Ini Dijamin

Resep Cara Membuat Kue Klepon Ubi Jalar Bali Indonesia

6 Kreasi Resep Ubi Ungu Yang Enak Sehat

Resep Dan Cara Membuat Getuk Goreng Ubi Jalar Yang Gurih Manis Dan Lembut

Kudapan Serba Ubi Jalar Naik Kelas Ini Resepnya

29 Resep Kue Lumpur Lembut Anti Gagal Rasa Dijamin Enak

Bikin Sendiri Ubi Kopong Camilan Yang Lagi Laris Manis

Aneka Resep Masakan Ubi Jalar Kuning For Android Apk Download

Resep Kue Kue Talam Ubi Jalar

20 Resep Camilan Ubi Enak Dan Mudah Dibuat

Resep Simple Cake Ubi Kukus Keju Yang Lezat Dan Menggugah Selera

Resep Cake Ubi Jalar Oleh Lennylenny Cookpad

Resep Klepon Ubi Jalar Cara Membuat Klepon


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama