News Update
Loading...

Resep Brudel Manado



Sesuap Brudel Sepotong Jejak Eropa Halaman All Kompas Com

Resep Brudel Keju Cakenya Orang Manado

Resep Brudel Keju Cakenya Orang Manado – Brudel keju merupakan salah satu cake yang khas dari Manado. Rasanya yang enak dan empuk membuat kue brudel keju banyak disukai orang. Berbicara Brudel keju selain terkenal dengan nama brudel cake, banyak juga yang menyebutnya bluder cake. Bluder cake Manado memiliki 2 macam kreasi yaitu roti bluder dan bluder cake.

Usut punya usut asal usul dari brudel keju ini merupakan cake warisan Belanda yang memiliki rasa khas. Kue warisan Belanda yang tak kalah lezatnya yaitu Klapertart, olliebalen atau bitterbalen, ontbijtkeok dan lain sebagainya. Brudel yang dibuat dari tepung terigu dan tepung ragi membuat banyak orang menyebutnya cake tepung ragi. Ya memang benar, karena brudel cake dibuat dari gabungan antara bolu dan roti (bread cake).

Aroma brudel keju cake ini memiliki aroma khas roti yang berpadu dengan susu. Untuk tampilannya pun seperti cake pada umumnya yaitu empuk dan lembut. Cara membuat resep brudel keju tentu saja mudah dan tidak sulit. Ada 2 cara untuk membuat brudel yaitu brudel panggang dan brudel kukus. Selain itu ada lagi beberapa metode pembuatan brudel dari brudel klasik sampai berkembang yang pembuatannya mirip buttercake.

Cara membuat brudel yang mirip dengan buttercake dibuat dari mentega atau margarin yang dikocok dengan gula hingga halus. Namun kali ini kami akan membagikan resep brudel keju klasik yang dibuat lebih mudah dan tidak sulit. Bahkan tidak menggunakan mixer, jadi bisa dibilang resep brudel keju tanpa mixer. Untuk mengaduk adonannya anda cukup menggunakan sendok, kayu atau whisker. Jadi mudah dan praktis bukan resep brudel keju manado ala rumahan ini? Jadi wajib dicoba ya.

Brudel manado ini merupakan kreasi dari resep brudel sederhana, namun ada yang lebih sederhana lagi karena ada resep yang menggunakan gelas belimbing untuk takarannya. Untuk resep brudel takaran belimbing akan kita bahas diresep selanjutnya, karena kali ini kita akan memakai timbangan untuk memudahkan dalam pembuatannya. Untuk toping brudel kita akan memakai parutan keju, untuk hasil yang lebih komplit dan istimewa bisa anda tambahkan taburan atau topingnya. Misal seperti fruit mix, kacang mete cincang, kismis atau kacang kenari.

Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Brudel Keju Cakenya Orang Manado yang wajib untuk anda coba dirumah. Untuk menambah sensasi lezatnya sajikan brudel keju bersama Resep Es Manado Sirsak Kombinasi Segar yang pas untuk menu takjil berbuka puasa. Mari disimak 🙂

Resep Brudel Keju dan Cara Membuatnya

Resep Brudel Keju dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Brudel keju Cake :

  • Tepung terigu 275 gram (bisa menggunakan self raising flour)
  • Gula halus 100 gram (bisa menggunakan gula kastor atau gula biasa yang diblender hingga halus)
  • Susu vanila bubuk 50 gram (kurang lebih 1 sachet kecil)
  • Fermipan atau ragi 1/2 bungkus (1 bungkus = 11gram)
  • Telur 3 butir (dikocok lepas)
  • Air hangat 100 mili liter (jangan menggunakan air panas atau dingin ya, nanti raginya tidak mau aktif. Cukup yang hangat)
  • Unsalted butter 75 gram (jangan dilelehkan, biarkan saja dalam suhu ruang. Jika tidak ada butter bisa menggunakan mentega atau margarin)
  • Keju cheddar 30 gram (sebagai taburan atau toping)

Cara Membuat Brudel Keju Cake Manado :

  1. Langkah awal ayam semua bahan kering seperti tepung, gula dan susu bubuk secara bersamaan.
  2. Setelah itu dalam campuran bahan kering masukkan ragi atau fermipan, aduk-aduk hingga adonan merata. Kemudian masukkan telur sedikit demi sedikit, aduk kembali hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan air hangat kedalama donan sedikit demi sedikit, aduk rata. (jika adonan sudah lembut dan dirasa sudah tidak perlu air hingga 100 mili liter, tidak apa-apa. Jadi tidak perlu airnya harus habis)
  4. Langkah selanjutnya masukkan butter kedalam adonan, aduk rata sampai adonan lembut dan tidak ada gumpalan butter atau margarine. Campurkan sebagian keju parut ke dalam adonan. (Sisa kejunya untuk taburan)
  5. Jika adonan sudah tercampur dengan baik, tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan sedikit margarin dan ditaburi dengan tepung terigu. (dalam resep ini kami sarankan gunakan loyang bolu yang paling besar)
  6. Tutup loyang yang berisi adonan dengan kain lembab atau plastik wrap. Lalu istirahatkan adonan selama 30 hingga 40 menit disuhu ruang agar adonan mengembang. (proses ini mirip ketika akan membuat adonan roti).
  7. Setelah adonan cake sudah mengembang buka plastik atau kain penuntupnya, beri taburan keju parut diatasnya hingga rata.
  8. Kemudian panaskan oven selama 10 menit sebelum memanggang, lalu panggang adonan cake pada suhu 180 derajat celcius selama 30 hingga 45 menit. Silahkan tes kematangan dengan menusukkan tusuk sate atau pisau, bika sudah tidak ada adonan yang terbawa atau tidak lengket lagi berarti brudel bolu sudah matang.
  9. Keluarkan cake dari oven, dalam keadaan panas langsung olesi bagian atas bolu dengan mentega atau maragrine. Biarkan bolu brudel tetap dalam loyang kurang lebih selama 30 menit. Setelah kondisi sudah dingin, keluarkan dari loyang.
  10. Brudel keju homemade siap disantap bersama keluarga tercinta dirumah. Nyumiii, mantap empuknya.

Resep brudel ini merupakan brudel versi bolu yang dibuat dengan cetakan bolu. Bagi anda yang ingin membuat brudel cake untuk acara arisan dan ulang tahun dengan bentuk yang lucu dan unik. Anda dapat membuat versi brudel kecil yaitu dengan menggunakan cup kertas kecil atau cup muffin. Ukuran cup bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Hias brudel cup dengan choco chip diatasnya agar disukai anak-anak.

Kreasi olahan brudel keju yang paling populer di toko kue brand terkenal yaitu brudel lemon. Brudel lemon ini rasanya lebih enak dan legit dengan wangi khas lemon yang mengigit. Ada lagi brudel cokelat dan pandan yang merupakan kreasi cake brudel lainnya yang cukup membuat air liur mengucur karena kelezatannya. Ehmm nyumii!! empuknya mantap.

Resep Brudel Keju Cakenya Orang Manado ini wajib dicoba, untuk menambah daftar menu camilan unik dan prkatis dirumah. Namun jangan lupa buka juga artikel resep masakan manado lainnya dari kami seperti Resep Ayam Woku Khas Manado Belanga. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, tetap setia di web kami dan nantikan resep terbaru lainnya, sekian.

Gallery Resep Brudel Manado

Resep Brudel Keju Khas Manado

Inilah Beberapa Resep Kue Kopi Minyak Manado Yang Wajib Kamu

Brudel Manado Dapur Indonesia

Resep Brudel Keju Oleh Lyta Lubis Kolatlena Cookpad

Brudel Kukus Manado Budaya Indonesia

Resep Brudel Keju Manado

Yeast Cake Cake Dari Ragi Dengan Lemon Glaze Just Try Taste

Catatan Dapur Esti Resep Brudel Cake Khas Manado

Resepbrudel Instagram Posts Gramho Com

12 Resep Brudel

Just My Ordinary Kitchen Brudel Cake Manado

Brudel Manado Easy And Simple Mells Kitchen

Brudel Instagram Posts Photos And Videos Instazu Com

Brudel Pandan

Brudel Cake

Cara Membuat Roti Brudel Bruder Ala Manado

Tips Membuat Brudel Tektur Luar Garing Lembut Dalamnya

Bruder Cake Resep

Brudel Keju Dapurmanis

Eggless Banana Brudel Cake Monic S Simply Kitchen

Resep Brudel Coklat

Resep Brudel Cake Sederhana

Bluder Sweet Cake From Manado Ayoetoro S Happy Tummy

Resep Cara Membuat Kue Brudel Manado Cake

Resep Kue Manado For Android Apk Download

Brudel Cake Cheese Kismis Brudel Manado Halal

Brudel Cake


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama