News Update
Loading...

Resep Es Kelapa Muda Susu



Resep Es Kelapa Cincau Enak Dan Segarnya Sukses Bikin

Yuk mari.. bikin es kelapa muda susu - Belajar dan Berbagi

Es Kelapa Muda Susu – kelapa muda sebagai pengobatan herbal untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Air kelapa muda dapat menyembuhkan penyakit mag. Itulah beberapa kandungan manfaat yang diperoleh dari air kelapa.

Air kelapa bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi berbagai masalah kesehatan. Manfaat yang begitu besar dari air kelapa disebabkan karena air kelapa mengandung banyak zat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air kelapa  yang kaya akan manfaat ini banyak dijumpai di pedagang-pedagang pinggir jalan yang biasanya menjual es degan atau kelapa muda, bahkan produk olahannya pun tersedia di mini market dalam bentuk kemasan. Penjualnya pun banyak kita jumpai biasanya di dekat obyek wisata dan pada daerah pesisir pantai.

Ini dia rupa es kelapa muda campur susu

Air kelapa muda, umumnya diminum segar atau bersama daging kelapanya dijadikan minuman es kelapa muda yang bisa dibeli di warung-warung di dekat rumah atau di restoran sebagai salah satu minuman paling laris untuk buka puasa, selain kolak, es kelapa muda juga bisa disajikan di rumah.

Es kelapa muda adalah minuman yang berasal dari air kelapa muda, memberi beragam rasa es kelapa muda biasanya bisa dicampur dalam bentuk gula putih, gula merah, sirup dan campuran lainnya, menurut permintaan konsumen tentu saja. kelapa ini setelah diformulasi antara air kelapa dan daging kelapa muda.

Apabila kita ingin memadukan rasa dapat menambahkan syrup maupun bahan lainnya kedalam kelapa muda atau dapat pula ditambahkan es. Jenis unit usaha ini menggunakan bahan dasar utama yaitu kelapa muda yang dicampur dengan es batangan kemudian dicampur sirup dan susu cair untuk menambah kelezatan es ini. Namun ada juga pengunjung yang menikmati buah kelapa muda tanpa di campur dengan bahan yang lain. Itupun tergantung selera dari masing-masing pengunjung yang menikmati jenis usaha ini.

Usaha ini menggunakan bahan dasar utama yaitu kelapa muda yang dicampur dengan es batangan kemudian dicampur sirup dan susu cair untuk menambah kelezatan es ini. Harga jual es kelapa muda sebesar Rp 8.000,- per gelas. Untuk tempat menjual es kelapa muda menggunakan meja yang terbuat dari kayu tanpa memasang tenda. Jenis usaha ini juga dapat dijadikan kegiatan unggulan kawasan obyek wisata.

Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang yang selain mampu menyegarkan tubuh yang sedang kelelahan, ternyata es kelapa muda memiliki zat imun untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Bagi para pengunjung perlu diwaspadai makanan jajanan golongan minuman (limun, es susu dan es sirup) mengandung zat pemanis sintetik dengan jumlah kisaran antara 58,14 – 371,61 ppm dan menunjukkan kadar pemanis sintetik yang terdapat pada makanan jajanan golongan minuman khususnya es sirup (warna ungu, dan merah) untuk sakarin dan es susu untuk siklamat tidak aman karena melebihi ketetapan Permenkes.

Kenapa  susu dipiliih untuk jadi bahan campuran dalam pembuatan es kelapa muda susu adalah karena susu adalah suatu emulsi dari bagian-bagian lemak yang sangat kecil dalam larutan protein cair, gula dan mineral-mineral. Susunannya meliputi:  Air : 87,75%, Lemak : 3,50%,  Protein : 3,25%, Mineral- mineral : 0,75%, Lactose :4,75%.

– Resep Es Kelapa Muda Susu

Es kelapa muda adalah minuman yang berasal dari air kelapa muda, diberikan tambahan es batu sehingga menjadi lebih dingin dan menyegarkan. Memberi Beragam rasa es kelapa muda biasanya bisa dicampur dalam bentuk gula putih, gula merah, sirup dan campuran lainnya, menurut permintaan konsumen tentu saja.

Resep es kelapa muda yang nikmat dan segar cocok dibuat saat buka puasa. Minuman segar es kelapa muda menjadi minuman pelepas dahaga yang tepat karena bisa menjaga stamina tubuh saat berpuasa.

Gambar es kelapa muda + susu

Sebagai yang dibagikan dengan kelapa memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh karena air dapat menggantikan cairan tubuh dan kehilangan ion karena berkeringat. Air kelapa muda bermanfaat dalam menetralisir racun dalam tubuh dan membantu menghilangkan rasa mual. Selain itu, air kelapa juga berkhasiat untuk mempercepat kesembuhan penyakit demam berdarah, menghilangkan dehidrasi serta masih banyak lagi.

Bisnis Minuman es kelapa muda bisa menjadi pilihan karena modal diperlukan untuk membuka usaha yang satu ini tidak besar dan bisa dilakukan di mana saja selama daerah ini penuh sesak dengan kendaraan dan orang yang lewat dan juga enjadi salah satu dari sekian banyak bisnis yang menjadi pilihan masyarakat terutama ketika memasuki bulan Ramadan tiba.

Selain itu es kelapa juga tidak mengandung pengawet dan sangat alami, sehingga aman dikonsumsi. Air kelapa bisa menyegarkan tenggorokan jadi jangan kaget jika panas es kelapa panas dan terik muda menjadi salah satu minuman yang paling dicari.

-Resep dan Cara Membuat Es Kelapa Muda

Bahan-Bahan yang Disiapkan :

  • 2 buah kelapa muda diserut keruk dagingnya dan tuang airnya dalam wadah
  • 200 lembar daun pandan
  • 200 ml susu kental manis
  • 1 sdm biji selasi yang direndam
  • tambahkan gula pasir secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Menyajikan  Es Kelapa Muda Susu :

  1. Ambillah mangkuk saji atau gelas. Lalu, berikan daging kelapa muda secukupnya.
  2. Rebus air +- 200 ml tadi sampai matang.
  3. Tambahkan gula pasir ataupun gula merah sesuai selera kedalam campuran dan tunggu sampai mendidih, lalu tuangkan.
  4. Yang terakhir, tuangkan susu kental manis secukupnya dan tambahkan es batu atau serut sesuai selera.
  5. Yang perlu diperhatikan apabila akan membuat sendiri dirumah :
  6. Menggunakan air kelapa muda dan dicampur es batu jadi satu.
  7. Pilih buah kelapa yang tidak terlalu muda dan terlalu tua, kemudian dipecah dan langsung dicampur dengan es batu yang ada di teremos es.
  8. Kerok kelapa dengan alat dan dicampurkan ke dalamnya, tidak lupa dicampur sedikit garam agar rasa gurih tercipta.
  9. Tunggu sekitar 5-10 menit angkat dan tunggu sampai dingin baru disajikan dengan es yang telah dibuat sebelumnya.
  10. Es kelapa muda siap disajikan bersama makanan apapun untuk pelepas dahaga sehabis puasa. Pastikan selama puasa Anda menyajikan masakan yang sehat dan mendukung kebaikan tubuh agar kuat berpuasa.

Tips:

  1. Rebus air kurang lebih 200 ml, masukkan gula pasir secukupnya. Setelah mendidih, masukkan  daun pandan dan rebus hingga wangi. Tuang gula secukupnya ke dalam es kelapa muda.
  2. Untuk variasi, bisa ditambahkan dengan air jeruk murni untuk rasa dan sajian yang berbeda.
  1. Campur semua bahan-bahan es kelapa muda, bahan-bahannya bisa ditambah atau dikurangi  sesuai selera. Semisal dengan biji selasih .

Es kelapa muda susu ini hanya bertahan satu hari, selebihnya akan basi rasanya. Air kelapa yang sering dibuang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman sebab air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan kesegaran tanaman. Melihat begitu banyak manfaat asam laktat maka perlu diketahui isolat bakteri yang mempunyai kemampuan tinggi dalam fermentasi asam laktat dan perlu diketahui juga aktivitas bakteri tersebut dalam menghasilkan asam laktat melalui fermentasi dengan substrat air kelapa.

Lihat juga : sajian menu berbuka puasa berbahan kelapa

Gallery Resep Es Kelapa Muda Susu

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Enak 2018

Resep Es Kelapa Muda Susu Archives Info Peluang Bisnis Ukm

Cara Membuat Es Kelapa Cincau Segar Manis Dan Sehat

5 Resep Varian Es Kelapa Muda Ini Segarnya Mampu Ceriakan

Resep Dan Cara Membuat Es Kepal Milo Ahmad Zikri Fabianto

Resep Es Kelapa Muda Enak Segar Dan Menyehatkan Tubuh

Cara Buat Es Kelapa Muda Dengan Susu Murah Dan Enak Yummy Cocok U Bukaan Puasa

Resep Membuat Sendiri Es Kelapa Muda Segar Ikurniawan

Resep Makanan Sederhana 5 Resep Es Kelapa Muda Minuman

Es Teler Seger Versi Santan

Resep Es Kelapa Muda Selasih Segar Okezone Lifestyle

Cara Membuat Es Kelapa Muda Yang Segar Dan Sehat

Pin Di Es

5 Resep Varian Es Kelapa Muda Ini Segarnya Mampu Ceriakan

5 Resep Es Kelapa Muda Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Ulasan Es Jeruk Es Kelapa Muda Oleh Noinoy Openrice

10 Kreasi Es Kelapa Muda Yang Menyegarkan Untuk Buka Puasa

Resep Es Kelapa Muda With Susu Oleh Lia Machmud Cookpad

Cara Membuat Minuman Es Durian Kelapa Muda Befren

Segarnya Es Kelapa Muda Campur Susu Dan Madu Di Musim

Aneka Resep Es Cincau Steempeak

Resep Takjil Segar Es Kelapa Muda Susu Spesial Lifestyle

Ketika Melon Dan Kelapa Muda Jadi Perpaduan Minuman Dingin

4 Resep Es Timun Serut Jeruk Nipis Selasih Nata De Coco Segar

Resep Es Kelapa Muda Untuk Buka Puasa Bahan Bahan Yang


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama