News Update
Loading...

Resep Bumbu Kikil



Resep Memasak Gulai Kikil Sapi Mudah Enak Dan Sedap Ala Zasanah

Cara Membuat Oseng Kikil Cabai Hijau Lezat dan Praktis

Penulis : Atsa

Kikil sapi yang dioseng memang disebut sebagai salah satu menu masakan rumahan favorit. Meski disebut menu rumahan, nyatanya nggak semua orang bisa membuat oseng kikil yang benar-benar lembut, bumbu meresap, dan kenyal.

Oseng kikil disebut menu rumahan justru karena banyak yang suka tapi beli jadi di warung untuk menu bersantap keluarga. Tapi, sekarang anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Oseng kikil cabai hijau bisa jadi resep pilihan yang harus anda coba. Ikuti cara membuatnya, ya.

Baca Juga : Resep Kikil Sapi Oseng Cabe Hijau

1. Rebus kikil dengan daun salam

Supaya kikil tidak alot dan mengurangi bau amis, rebus kikil dengan air dan daun salam lebih kurang 2-3 jam. Daun salam berperan sebagai daun aromatik yang bisa menutupi bau dari berbagai bahan makanan, termasuk kikil. Kalau tidak ada daun salam, beberapa bumbu aromatik lain bisa digunakan, lho. Misalkan daun jeruk atau jahe.

Baca Juga : Tips Mengolah dan Memasak Kikil Agar Empuk & Tidak Amis

2. Tumis bumbu perasa dan bumbu pewangi

Pada dasarnya oseng hanya menggunakan bumbu dasar bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan sebagai pemberi rasa gurih. Tapi penggunaan bumbu-bumbu aromatik juga diperlukan untuk memperkaya cita rasa dan menghilangkan bau dari kikil sepenuhnya. Tumis bumbu halus dengan lengkuas, jahe, dan daun salam sampai harum.

3. Masak tumisan bersama kecap dan air sampai kental

Setelah bumbu yang ditumis berubah warna dan menjadi harum, tambahkan kecap manis dan air, sedikit demi sedikit, aduk rata. Masak sampai kuah mulai menjadi kental.

Jika rasa coklat dirasa masih kurang pekat, tambahkan kembali kecap manis dan gula. Imbangi juga dengan garam, tapi cek rasanya jangan sampai keasinan ya.

4. Gunakan kaldu untuk rasa lebih mantap

Untuk rasa yang lebih mantap, ganti penggunaan air dengan kaldu. Penggunaan kaldu pada oseng kikil akan menambahkan rasa dan aroma yang lebih gurih lagi.

Nah, kalau merasa ribet membuat kaldu untuk oseng yang sebenarnya hanya memakai sedikit kaldu saja, gunakan saja kaldu bubuk dalam rebusan kuah. Tapi jangan sembarang beli kaldu bubuk ya, pilih yang terbuat dari daging asli dan tanpa pengawet.

5. Masukan kikil bersama cabai hijau

Setelah kuah mulai mengental, masukan kikil yang sudah direbus sampai empuk bersama dengan irisan cabai hijau. Supaya hasil masakan tidak terlalu pedas, buang biji di sebagian cabai, lalu iris menyerong.

Tambahkan juga irisan tomat dan cabai hijau untuk mempercantik tampilan oseng kikil. Beri gula, garam, dan merica. Icip rasanya hingga pas.

Baca Juga : Cara Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik

6. Masak sampai asat dan kikil kecoklatan

Rahasia dari oseng kikil yang sangat lezat adalah yang dimasak sampai asat dan kikil berubah kecoklatan. Oseng kikil menjadi sangat gurih dan lezat karena semua bumbu sudah meresap, bahkan warna coklat dari kecap juga meresap dalam kikil.

Pastikan jangan sampai terlalu asin, ya. Masukan garam sedikit-sedikit, setelah asat jika kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam lagi sampai rasanya pas.

Baca Juga : 6 Sajian Kikil yang Menggugah Selera

Bagaimana? Nggak sulit kan membuat oseng kikil cabai hijau yang lezat, tapi praktis. Coba buat oseng kikil cabai hijau yuk untuk santap siang bersama keluarga. Selamat mencoba!

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Bumbu Kikil

Resep Gulai Kikil Tunjang

Gulai Kikil Sapi

Tumis Kikil Bumbu Kecap Untuk Lauk Makan Malam Ini Indozone Id

Resep Gulai Kikil Merah Pedas Lifestyle Fimela Com

Resep Nikmat Untuk Berbuka Hmmm Gurih Dan Hangatnya Soto

5 Resep Memasak Kikil Yang Patut Dicoba Dengan Bahan

Resep Masakan Kikil Sapi Enak Lezat Koleksi Info Tips

Resep Lontong Kikil Surabaya Lifestyle Fimela Com

Resep Ramadan Oseng Kikil

Resep Masakan Kikil Cabe Ijo Resep Masakan Resep Dan

Mencicipi Lontong Kikil Legendaris Di Surabaya

Resep Memasak Oseng Kikil Mercon Pedas Enak Dan Lezat

Resep Masakan Sop Kikil Khas Jakarta Betawi Reseppedia Com

Resep Tumis Kikil Kecap Pedas Manis Lifestyle Fimela Com

Resep Dan Cara Membuat Sop Kikil Kaki Sapi Kuah Bening

Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana Resep Sup

Resep Membuat Lontong Kikil Khas Surabaya

Resep Masakan Kikil Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa

Resep Gulai Kikil Ala Restoran Padang Resep Layak Coba Selain Rendang

Resep Membuat Lodeh Kikil Khas Jombang

Resep Soto Lontong Kikil Surabaya No Santan Kitaberbagi


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama