News Update
Loading...

Resep Masak Ayam Semur



Semur Ati Ampela Kecap Bango Resep Ayam Enak Mantabs

3 Resep Semur Ayam Lezat Dan Tips Membuatnya Empuk - Resep Masakan Indonesia Enak

3 Cara Membuat Resep Semur Ayam Jawa Betawi Yang Empuk Menggunakan Ayam Kampung, Tahu ataupun Kentang. Walaupun menyiapkan hidangan buat seluruh anggota keluarga memang sudah menjadi kewajiban kita, tetapi kadang kala timbul juga rasa bosan atau malas bukan. Daripada kita beli masakan di restauran yang tentu harganya cukup menguras kantong, yuk kita memasak resep masakan ayam yang mudah dan cepat cara membuatnya, yaitu resep masakan semur ayam.

Seperti resep masakan lain yang menggunakan bumbu semur, ayam semur kali ini juga mempunyai citarasa yang manis khas dari kecap dan bumbu bumbu alami yang kita gunakan untuk membuatnya. Walaupun dari tampilannya hampir mirip dengan resep ayam kecap, tetapi karena bumbu semur dan cara membuat semur ayamnya beda, maka rasa yang dihasilkannya pun berbeda. Masing masing mempunyai ciri khas tersendiri yang dijamin membuat kita akan ketagihan kalau sudah mencobanya. Kalau teman teman suka dengan pedas, kita juga bisa memasak resep semur ayam pedas ataupun dikombinasikan dengan tahu, kentang atau bahan lainnya untuk menambah citarasanya.

Tugas seorang ibu memang cukup berat. Apapun yang terjadi, seluruh anggota keluarga mempercayakan urusan hidangan ke pundak kita. Tentu saja mungkin ada saat tertentu dimana kita malas masak. Hal ini mungkin disebabkan kondisi tubuh yang memang lagi lelah, pikiran stres karena menghadapi anak anak atau mungkin tidak punya banyak waktu luang karena masih banyak pekerjaan lain yang menunggu. Kita memang bisa membeli masakan jadi, tetapi kalau memang kita masih punya sedikit waktu luang, kan lebih bagus dan hemat kita membuat resep semur ayam dengan kentang atau tahu sendiri di rumah bukan. Selain bahan dan bumbu semur nya mudah didapat, resep ayam ini cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama kok.

Seperti juga dengan resep masakan ayam kecap, tampilan resep masakan ayam semur ini juga didominasi dengan warna hitam kental. Tentu saja, ini dikarenakan salah satu bumbu semur yang paling pokok adalah kecap manis. Untuk itu, untuk membuat atau memasak resep semur ayam yang enak dan legit, kecap manis yang kita gunakan harus benar benar kental dan berkualitas bagus. Untuk merek apa yang akan digunakan, masing masing pasti punya favorit tersendiri bukan. Yang penting gunakan kecap manis yang benar benar kualitasnya bagus supaya seluruh anggota keluarga akan menyukai semur ayam yang sudah kita buat.

Tentu saja, selain kecap yang berkualitas, bahan utama berupa daging ayam yang kita gunakan harus menjadi perhatian utama kita. Buat yang suka dengan ayam kampung tentu hasilnya akan lebih enak dan lezat. Tetapi kalau menggunakan ayam potong rasanya juga nikmat kok, asal ayam yang digunakan masih segar dan bagus. Selain itu ada bahan bahan dan rempah rempah lain yang juga yang dibutuhkan untuk membuat bumbu semurnya. Walaupun di tengah masyarakat ada 2 macam resep dasar semur, yaitu semur jawa dan semur betawi, tetapi bumbu bumbu yang digunakan hampir sama kok. Sebut saja pala, batang serai, lada atau mungkin juga cabai kalau memang berniat untuk membuat ayam semur pedas. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat tips cara membuat resep masakan dengan bumbu semur supaya rasanya enak, empuk dan legit.

1. Resep Semur Ayam Kecap Sederhana

resep semur ayam sederhana

Buat ibu ibu dan bunda yang lagi sibuk dan banyak kerjaan, resep semur ayam sederhana ini bisa menjadi pilihan sajian buat menu masakan di rumah. Tanpa banyak membutuhkan bahan dapur, sajian lezat dengan bumbu semur ayam praktis ini bisa dicoba. Tidak butuh waktu lama, sajian spesial ayam dengan bumu kecap yang lezat dan enak bisa dikerjakan dengan mudah.

Bahan-bahan :

  • Bahan pertama tentu saja ayam potong segar yang sudah dicuci bersih dan dipotong potong kurang lebih sebanyak 500 gram.
  • Bawang merah ukuran sedang besar yang sudah diiris kecil kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Gula merah supaya lebih sedap secukupnya atau kurang lebih seruas jari saja.
  • Kecap manis kental secukupnya sesuai kebutuhan dan selera.
  • Bawang putih kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Merica halus sedikit saja.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Kentang kalau suka sesuai selera.
  • Buah cabai merah kalau suka sesuai selera.
  • Minyak goreng dan air secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat semur ayam sederhana :

  1. Pertama tentu saja cuci bersih ayam kemudian potong sesuai selera lalu tiriskan.
  2. Siapkan wajan kemudian goreng potongan daging ayam tadi sampai agak empuk dan hampir matang lalu tiriskan.
  3. Halus kan dan uleg bawang putih, merica, kemiri dan cabai kalau pakai sampai benar benar halus.
  4. Siapkan wajan dengan minyak goreng sedikit saja lalu masukkan irisan bawang merah kemudian aduk sampai layu.
  5. Masukkan bumbu semur yang dihaluskan tadi dan aduk sampai wangi.
  6. Masukkan air bersih secukupnya kemudian aduk sebentar.
  7. Masukkan potongan dgaing ayam yang sudah digoreng bersama dengan kecap kental manisnya kemudian aduk aduk dan masak sampai bumbunya merasap dan kuahnya menyusut.
  8. Kalau pakai kentang masukkan kentang bersama dengan garam dan gula merah kemudian aduk aduk kembali.
  9. Kalau semua bahan sudah matang dan meresap, tes rasa dan tambahkan garam atau kecap dan gula kalau diperlukan.
  10. Resep semur ayam sederhana siap menemani menu makan keluarga.

2. Resep Semur Ayam Kentang Spesial

Untuk menambah citarasa, kita bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti tahu atau kentang. Dengan tambahan bahan ini akan menambah keanekaragaman citarasa dari semur ayam kentang yang kita buat nanti. Untuk bahan dan cara membuat semur ayam kentang bisa dilihat dibawah ya.

resep semur ayam enak dan lezat

Bahan bahan dan Bumbu Resep Semur Ayam Spesial Enak :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam segar kurang lebih sebanyak 500 gram atau 1/2 ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung sesuai selera. Cuci bersih dengan air mengalir kemudian potong potong menjadi 4-6 atau sesuai selera.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg (bumbu halus).
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja (bumbu halus).
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja (bumbu halus).
  5. Kecap manis kental kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 ml.
  6. Kaldu ayam bubuk atau instan secukupnya sesuai selera supaya aroma dan rasanya lebih gurih dan enak.
  7. Pala yang sudah diparut sampai halus kurang lebih sebanyak 1/2 butir saja. Bisa juga menggunakan pala halus sedikit saja.
  8. Lada halus atau bubuk secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  9. Batang serai ambil bagian putihnya saja kurang lebih 1 batang saja kemudian memarkan supaya aromanya keluar.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  11. Kentang kondisi bagus kurang lebih sebanyak 3 buah ukuran sedang. Kupas kulitnya lalu potong potong bentuk dadu dan goreng dahulu sampai matang sebelum dicampur dengan bahan lain.
  12. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 liter saja.
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu semur ayamnya.

Cara Membuat Semur Ayam Yang Empuk dan Enak Dengan Mudah :

  1. Langkah pertama siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya lalu goreng daging ayam yang sudah dipotong potong sebentar saja sampai setengah matang lalu angkat.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe nya sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara diuleg supaya bumbunya nanti lebih terasa dan lebih harum saat ditumis.
  3. Masak dan tumis bumbu semur yang dihaluskan diatas bersama dengan batang serai yang sudah dimemarkan sebelumnya. Aduk aduk dan masak sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah digoreng setengah matang sebelumnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan sisa bahan lainnya ke dalam penggorengan diatas dan masak dengan api kecil. Jangan lupa diaduk aduk sampai bumbunya meresap ke dalam daging ayamnya.
  6. Jangan lupa cicipi dahulu dan tambahkan garam atau kecap apabila diperlukan lalu masak sampai kuahnya mengental.
  7. Angkat, beri taburan bawang goreng lalu angkat dan sajikan.

3. Resep Semur Ayam Kering Sederhana

Perbedaan semur ayam dengan ayam masak kecap memang terletak di kuahnya. Resep semur cenderung berkuah agak banyak walaupun tidak sebanyak resep sayur pada umumnya. Nah kalau kebetulan lagi malas makan makanan berkyah tetapi tetap ingin mencicipi kelezatan bumbu semur ayam. Maka resep semur ayam kering ini paling pas untuk dieksekusi di rumah. Cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan resep masakan ayam diatas kok.

semur ayam kering sederhana

Bahan Semur Kering :

  • Bahan pertama adalah ayam segar yang sudah dicuci bersih dan dipotong sesuai selera kurang lebih sebanyak 1000 gram.
  • Kayu manis kurang lebih sepanjang 1 pcs.
  • Cengkeh kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Kecap manis, lada bubuk dan garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Minyak goreng secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 gelas.

Bumbu Semur Ayam Kering :

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs.
  • Bawang merah kurang lebih sebanyak 15 pcs supaya lebih lezat.
  • Buah cabai merah kalau suka sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sampai 6 pcs.
  • Tomat merah segar yang sudah dibuang bijinya kurang lebih sebanyak 1 buah saja.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Biji pala kurang lebih sebanyak 1 pcs.

Langkah-langkah :

  1. Setelah ayam dicuci bersih kemudian masak dan goreng daging tadi sampai agak matang tetapi jangan terlalu kering (setengah kering saja) lalu tiriskan.
  2. Lalu uleg dan haluskan bawnag merah, putih, cabai, pala, kemiri dan tomatnya sampai halus.
  3. Kurangi minyak di wajan kemudian amsukkan bumbu halus tadi dan aduk aduk sampai harum.
  4. Masukkan cengkeh dan kayu manisnya kemudian aduk aduk sebentar.
  5. Masukkan daging ayam yang sudah digoreng tadi kedalamnya lalu aduk sebentar.
  6. Tuang air bersihnya kemudian aduk sebentar.
  7. Masukkan merica halus secukupnya bersama dengan garam dapur dan kecap manis agak banyak sesuai selera kemudian aduk aduk dan masak sampai kuahnya mengering.
  8. Tes rasa dan tambahkan kecap atau garam kalau diperlukan kemudian aduk kembali supaya tercampur rata.
  9. Angkat dan siap disajikan bersama dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Bagaimana menurut teman teman cara membuat ayam semur diatas? Cukup mudah dan cepat bukan proses memasaknya. Dengan bahan bahan sederhana, kita bisa mendapatkan resep masakan ayam yang empuk enak dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, teman teman bisa juga mengkreasikannya dengan menambahkan tahu atau beberapa buah cabai untuk menambah citarasa di resep semur ayam yang akan kita buat. Untuk ide resep masakan Indonesia yang lezat dan enak lainnya, silahkan mencoba aneka bumbu ayam bakar, Resep Semur Daging yang legit atau Cara Membuat Bebek Rica Rica buat teman teman yang hobi makan pedas.

Gallery Resep Masak Ayam Semur

Resep Semur Ayam Kecap Enak Dan Sedap Resep Hari Ini

Cara Membuat Semur Ayam Pakai Santan Cair Resepkoki Co

Video Resep Masak Semur Ayam Paling Enak Sejagat Raya

Resep Cara Membuat Semur Ayam Pedas Resep Masakan

Resep Masakan Semur Ayam Pentul Jamur Cepat Tersaji Untuk

Resep Masakan Dan Kue Tuti Yuniati Adiwirya

Resep Semur Ayam Kampung Kecap Lezzaat

Cara Membuat Semur Ayam Kecap Aneka Bumbu

Resep Ayam Semur Bali Oleh Suci Nabbila Cookpad

Ceker Ayam Telur Puyuh Bumbu Semur Resep Masakan Indonesia

Semur Ayam Saus Tiram Jamur Kancing Resep 347

Resep Masakan Semur Ayam Kentang Asli Jawa Selain Daging

Resep Semur Ayam Kecap Yang Mudah Dan Enak Bikin Nambah Terus

Cara Masak Ayam Kecap Ayam Kecap Mentega Serta Ayam Kecap

Kumpulan Resep Masakan Lebaran Dari Opor Ayam Rendang

Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 10 Resep Semur Ayam Gurih

Semur Ayam Kentang Punya Rasa Manis Gurih Yang Manjakan

Cara Memasak Semur Ayam Khas Aceh Yang Lezat Steemit

Resep Masakan Semur Ayam

Resep Semur Ayam Bango Yang Praktis Untuk Dibuat Di Rumah

Resep Semur Ayam Resep Masakan Resep Dan Masakan

Resep Semur Ayam


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama