News Update
Loading...

Resep Pesmol Ikan Tongkol



Ikan Tongkol Asam Pedas By Anny Hamdani

Resep masakan pesmol ikan gurame enak bumbu sederhana

Resep masakan pesmol ikan. Resep masakan pesmol ikan menjadi menu masakan tradisional yang cukup enak. Masakan pesmol ikan gurame, masakan pesmol ikan bandeng, maupun masakan pesmol ikan mas dengan bumbu sederhana. Ikan gurame cukup lezat dimasak pesmol. Masakan pesmol banyak disukai oleh masyarakat pasundan. Inilah resep membuat masakan sederhana dengan bahan utama ikan gurame. Dengan bumbu sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, santan kental, dan bumbu dapur lainnya. Maka bunda bisa membuat masakan pesmol ikan gurame yang cukup lezat. Sebagaimana diketahui bahwa ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dipilih konsumen. Karena rasanya yang gurih dengan kandungan daging lembut. Dengan takaran bumbu yang pas. Maka cita rasa gurih, asin, pedas dan asam bisa menyuguhkan cita rasa pesmol ikan gurame lezat. Tentunya bunda juga bisa membuat masakan pesmol ikan gurame yang enak dan lezat. Yuk bunda dan remaja putri sekalian membuat masakan pesmol dengan bahan utama ikan gurame.

Cara masak pesmol ikan cukup mudah, bunda tinggal mengikuti tata cara membuat masakan pesmol ikan di sini yang di tulis secara lengkap dan jelas. Masakan pesmol ikan gurame bisa bunda buat sendiri. Cara membuat masakan pesmol ikan gurame cukup mudah dan praktis. Mencari bumbu untuk resep masakan pesmol juga cukup mudah. Bunda bisa dengan mudah membelinya di pasar tradisional. Namun ada sedikit saran saat bunda akan membuat masakan ikan gurame di masak pesmol. Meskipun bisa dengan santan kara, namun akan lebih lezat dan alami sebaiknya memakai santan dari perasan kelapa tua. Sehingga nanti masakan pesmol ikan gurame bunda akan lebih lezat dan enak. Untuk mendapatkan santan yang baik maka bunda pilih kelapa yang sudah tua umurnya. Untuk bahan bumbu lainnya, saya rasa cukup mudah membelinya dan murah harganya.

Resep pesmol ikan bisa menggunakan beberapa macam ikan. Jadi tidak hanya sebatas menggunakan ikan gurame saja. Bunda bisa menggunakan jensi ikan lainnya, seperti : ikan bandeng, ikan mas, ikan mujair, ikan tongkol, ikan nila, dan ikan bawal. Yuk bunda kita membuat masakan pesmol dengan bahan bahan ikan selera bunda. Saat bikin masakan pesmol, maka bunda bisa membuat masakan pesmol pedas maupun yang tidak pedas. Tentunya tergantung dari selera masing masing. Sehingga penggunaan cabe bisa disesuaikan. Pesmol merupakan salah satu resep masakan pedas yang cukup banyak pengemarnya. Salah satu masakan yang paling banyak penggemarnya yakni resep masakan ikan gurame bumbu kuning dimasak ala pesmol.

Cara membuat pesmol ikan gurame yang enak dan gurih tentunya mesti memilih bahan utamanya yakni ikan gurame segar. Akan lebih baik jika bunda membeli ikan gurame hidup. Karena nantinya daging ikan gurame lebih fresh dan masih memiliki kesegaran sempurna. Namun demikian terkadang di pasar hanya ada penjual ikan gurame mati. Bisa juga sih untuk dibuat masakan ikan gurame bumbu pesmol. Namun pastikan anda memilih ikan gurame dengan kualitas bagus. Ikan gurame mati namun masih memiliki kesegaran dan enak saat dimasak. Belajar lebih banyak di aneka resep ikan. Tentunya mesti memperhatikan kondisai ikan gurame yang mau bunda beli. Berikut ciri ciri ikan gurame mati yang masih segar :

>> Pastikan mata ikan gurame masih bening dan tidak buram serta bulatan mata ikan tidak menonjol >> Saat anda pegang daging ikan gurame masih memiliki elastisitas. Caranya dengan menekannya dengan jari telunjuk. Setelah ditekan harus keras dan elastis serta tidak lembek saat di angkat. >> Coba pegang pegang ikan gurema, jika sisiknya masih menempel kuat, berwarna ceraha, dan mengkilat, berarti masih bagus. >> Ikan gurame yang masih segar juga memiliki insang dengan warna merah segar dan cerah

>> Jangan membeli ikan gurame yang tidak segar lagi. Baca lebih lengkap di cara memilih ikan segar

Resep masakan pesmol ikan gurame enak

Bahan utama pesmol ikan gurame

  • Ikan gurame segar : 2 ekor ukuran segar
  • Jeruk nipis : 2 butir
  • Garam halus : 2 sendok makan
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Santan kental : 100 ml

Bumbu pelengkap pesmol ikan gurame

  • Cabe merah besar / kerinting : 5 buah, iris iris
  • Cabe rawit merah : 3 buah, sesuaikan selera pedas, iris iris
  • Daun salam dan daun jeruk : masing masing 3 lembar
  • Lengkuas : 1 ruas
  • Serai : 2 buah

Bumbu halus masakan pesmol ikan gurame

  • Bawang putih : 6 siung
  • Bawang merah : 6 buah
  • Kunyit : 1 buah ukuran jari
  • Jahe : 1 kerat
  • Kemiri : 6 buah
  • Garam, gula pasir, dan penyedap rasa : secukupnya

Cara membuat masakan pesmol ikan gurame

  1. Langkah pertama bersihkan sisik ikan gurame hingga bersih. Bersihkan juga kotoran bagian dalam dan buang insang. Lantas cuci dengan air mengalir.
  2. Kemudian tempatkan dalam wadah yang cukup, kucuri dengan air jeruk nipis dan taburi garam. Diamkan paling tidak 30 menit.
  3. Cuci kembali ikan gurame dan garis garis dengan ujung pisau, lalu goreng hingga matang.
  4. Sementara itu haluskan bahan bahan bumbu halus ( bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan kemiri ). Lantas tumis bumbu halus hingga harum, aduk aduk sebentar.
  5. Lalu masukkan daun jeruk, serai dan salam. Aduk aduk perlahan.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa ( bisa menggunakan royco ). Tambahkan juga santan kental, cabe merah iris, dan cabe rawit iris. Aduk aduk perlahan dan tunggu sampai mendidih.
  7. Coba cicipi dahulu cita rasanya. tambahkan garam atau penyedap rasaa hingga mendapatkan arasa yang pas sesuai selera.
  8. Terakhir masukkan ikan gurame goreng. Bolak balik perlahan beberapa kali. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kuah tinggal sedikit.
  9. Masakan pesmol ikan gurame enak siap menemani makan anda.

Resep cara membuat masakan pesmol ikan bandeng

Masakan ikan bandeng juga cukup lezat di masak dengan bumbu pesmol. Cara bikin masakan pesmol ikan bandeng bisa bunda ikuti dengan lengkap dari mulai tahap memilih bahan bahan hingga cara amembuat masakan pesmol ikan bandeng yang lezat. Resep pesmol ikan bandeng bahkan menjadi hidangan istimewa bagi kalangan masyarakat pasundan. Meskipun demikian bunda juga tidak ada salahnya juga mencoba bikin masakan pesmol ikan bandeng. Sebagaimana diketahui bahwa ikan bandeng juga cukup lezat dengan bumbu pepes. Ada baiknya sekalian juga menulis resep pepes ikan bandeng. Nah pada kesempatan lain bunda bisa mencoba membuat masakan ikan bandeng dengan bumbu pesmol komplit. Dengan bumbu yang sama bunda juga bisa mencoba resep pesmol ikan mas yang tetap sama enaknya

Bahan bahan pesmol ikan bandeng

Ikan bandeng segar : 1 ekor Jeruk nipis : 2 buah Garam : 2 sendok makan Minyak goreng : secukupnya Cabe merah besar : 8 buah, iris serong Wortel : 2 buah : kerik dan iris tipis

Mentimun : 1 buah, kerik kulitnya dan buang isinya, lantas potong potong

Bumbu pelengkap masakan pesmol ikan bandeng

Bawang merah : 8 buah, kupas dan biarkan utuh Cabe rawit merah : 6 buah, biarkan utuh Cuka : secukupnya, kira kira 1 sendok makan

Garam dan gula pasir : sesuaikan

Bahan bumbu halus masakan pesmol ikan bandeng

Bawang merah : 6 buah Bawang putih : 3 siung kemiri : cukup 4 butir jahe : cukup 1 ruas Kunyit : 1 ruas Daun salam : 3 lembar

Serai : cukup 1 batang, potong ujungnya dan geprek

Cara membuat masakan pesmol ikan bandeng

  1. Langkah pertama bersihkan sisik ikan bandeng dan juga bagian dalamnya hingga benar benar bersih. lantas cuci dengan kucuran air hingga bersih. kemudian kucuri dengan air jeruk nipis dan garam halus. Diamkan paling tidak 15 menit.
  2. Lantas goreng dengan minyak panas, simpan dahulu
  3. Ambil wadah lain dan campurkan bawang merah utuh, cabe rawit utuh dan juga cuka secukupnya. Jika perlu tambahkan air matang sedikit. Lantas aduk menjadi satu.
  4. Sementara itu haluskan semua bahan bumbu halus, lantas gongseng dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan juga serai dan daun salam.
  5. Kemudian tambahkan sedikit air, wortel, cabe merah besar, dan juga mentimun, aduk aduk dan biarkan mendidih. Tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa hingga sesuai dengan selera. Lantas tuang diatas ikan bandeng goreng dan lengkapi dengan acar mentimun

Itulah bunda resep praktis pesmol ikan gurame goreng yang pedas, gurih, dan enak. Kalau ikan gurame yang bunda beli cukup besar, bisa di potong jadi 2 atau 32 bagian. Meskipun resep pesmol ikan menjadi ciri khas masyarakat sunda. Bunda dari daerah lain juga bisa mencobanya, karena cita rasa lauk yang satu ini memang cukup enak. Bunda suka memasak, yuk menulis resep lebih lengkap di menu masakan indonesia

Gallery Resep Pesmol Ikan Tongkol

Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bumbu Pesmol Khas Betawi Asli Yang Enak Dan Sedap

Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak Resep Nasional

Resep Masakan Ikan Pesmol Asli Betawi Resep Tina

Resep Masakan Ikan Kembung Bumbu Kuning By Memasak Id

Pesmolikankembung Instagram Posts Photos And Videos

Reseppesmol Instagram Hashtag Toopics

7 Resep Ikan Praktis Terpopuler Dijamin Lezat Resepkoki

Resep Ikan Bumbu Pesmol Khas Betawi Yang Enak

Olahan Ikan Salem Basah Zagonproxy Yt

7 Resep Ikan Praktis Terpopuler Dijamin Lezat Resepkoki

Olahan Ikan Salem Basah Zagonproxy Yt

Ikan Tongkol Pesmol

Resep Masakan Pesmol Ikan Gurame Enak Bumbu Sederhana

Resep Pesmol Ikan Youtube

Resep Pesmol Ikan Tongkol Oleh Radita Yasmin Cookpad

Sarden Ikan Tongkol By Dwi Oti Eliyani

Pesmol Ikan Tongkol

Resep Pesmol Ikan Tongkol Oleh Wahyuni Ayunda Insani Cookpad

Resep Ikan Lele Pesmol Cianjur Lezat Resep Hari Ini

Ikan Salem Pesmol

Resep Pesmol Ikan Mas Daun Kemangi

Reseppesmol Instagram Hashtag Toopics

Resep Pesmol Ikan Tongkol Juara Oleh Bunda Calista Cookpad

Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol Sedap Resep Dapur

Resep Pesmol Ikan Salem Tabloid Resep

Resep Dan Cara Membuat Pesmol Ikan Gurame Yang Enak


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama