News Update
Loading...

Resep Ikan Asap Sambal



Ikan Asap Jogja Sobre Facebook

Ternyata Ada 7 Jenis Ikan yang Biasa Dijadikan Ikan Asap

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Tidak hanya ikan pari atau ikan cakalang, ternyata ada banyak jenis ikan yang biasa diasap. Masing-masing jenis ikan tentu berpengaruh terhadap citarasanya. Apa saja jenisnya? Simak selengkapnya berikut.

1. Ikan pari

Ikan pari atau sering juga disebut sebagai ikan peh merupakan jenis ikan bertulang rawan. Berbeda dari jenis ikan lainnya, ikan pari memiliki bentuk pipih bersayap seperti layang-layang, dan memiliki satu ekor panjang. Ikan asap yang terbuat dari ikan pari ini termasuk ke dalam ikan asap yang paling sering dikonsumsi lho.

2. Ikan cakalang

Selain ikan pari, ikan cakalang juga termasuk ikan yang biasa diasap. Ikan yang memiliki bentuk memanjang dan agak bulat tersebut memiliki rasa yang enak, sehingga cocok untuk diasap. Cara pengasapannya yaitu ikan dibersihkan dari kotoran dan tulang, lalu dagingnya dibelah menjadi dua dan dijepit mengunakan bambu, baru kemudian ikan tersebut diasap dan siap diolah menjadi aneka hidangan lezat.

3. Ikan lele

Tak hanya nikmat dijadikan pecel lele, ternyata ikan lele juga sering diolah dengan cara diasap lho. Ikan air tawar tersebut terkenal akan gizinya yang tinggi dan rasanya yang gurih. Digoreng biasa saja sudah sangat nikmat, apalagi jika sudah diasap? Dijamin deh rasanya akan semakin mantap.

4. Ikan manyung

Ikan manyung merupakan ikan laut yang hidup di wilayah tropis. Ikan manyung memiliki ukuran yang memanjang dengan kepala yang gepeng, dan tiga pasang sungut. Jika anda belum tahu, ikan manyung yang diasap ini merupakan makanan khas Pantura. Dan ternyata daging ikan manyung ini juga sering diolah dengan cara diasinkan lho, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama jambal roti. Rasa ikan manyung asap ini sangat gurih sehingga lezat diolah jadi sajian apapun.

5. Ikan marlin

Sama seperti namanya yang cantik,  bentuk dari ikan marlin ini juga tak kalah cantiknya. Ikan yang termasuk ke dalam ikan laut ini memiliki ciri khas yaitu moncong yang panjang seperti pedang dengan sirip punggung yang panjang dan lebar. Rasa ikan marlin ini tak kalah dari ikan lainnya, jadi jika anda bosan dengan ikan asap yang biasa, anda bisa mencoba ikan marlin asap.

6. Ikan cucut

Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang bentuknya pipih dan panjang. Ketika sudah diasap, ikan cucut akan menghasilkan citarasa gurih dan aroma pembakaran yang khas. Sehingga anda patut untuk mencoba ikan asap jenis ini.

7. Ikan patin

Siapa bilang ikan patin cuma nikmat diolah menjadi sup atau digoreng garing? Anda juga bisa lho mencoba ikan patin yang diasap. Di masyarakat daerah Riau, ikan asap patin ini lebih dikenal dengan nama salai ikan patin. Sensasi rasa ikan patin yang gurih serta aroma khas asap dijamin memberikan sensasi tersendiri di lidah anda.

Nah, itu tadi beberapa jenis ikan asap yang biasa ditemukan di pasaran. Jika anda berniat membuat ikan asap sendiri di rumah, anda bisa kok menggantinya dengan ikan jenis lain dengan metode pengasapan simpel ala rumahan di sini. Karena pada dasarnya hampir semua jenis ikan bisa diasap. Jadi anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda.

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Ikan Asap Sambal

Resep Ikan Pari Asap Sambal Mentah Oleh Muyassaroh Cookpad

Sambal Panggang Khas Semarang Yang Bikin Nagih

Resep Rahasia Cakalang Sous Resep Dan Cara Membuat Ikan Cakalang Fufu Sous Khas Manado

Resep Sambal Ikan Asap Enak Ini Bikin Bersantap Jadi Lebih

Resep Sambal Terasi Ikan Asap Oleh Rizka Safrinasari Cookpad

Resep Nenek Sambal Terung Makin Sedap Dengan Suwiran Ikan

Resep Ikan Asap Sambal Kecap Andalanque Haiulya

Sambel Ikan Asap Cara Membuat Sambel Ikan Salem Asap

Resep Ikan Asap Sambal Kecap Andalanque Haiulya

Ikan Asap Sambal Kukus

Resep Ikan Asap Sambal Kecap Andalanque Haiulya

Resep Ikan Asap Santan

Rasamasa Ikan Cue Tongkol Sambal Dabu Dabu

Ikan Asap Bumbu Pedas Resep Sederhana Kompasiana Com

Resep Ikan Pindang Ikan Kembung Sambal Petai

Resep Ikan Asap Sambal Bawang Pedasnya Nampol Ribuan

Gulai Ikan Salai Sajian Rumahan Favorit Raja Raja

Sajian Rendang Ikan Asap Yang Sedap Dan Gurih Pengin Nambah

Diah Didi S Kitchen Ikan Asap Sambal Penyet

Resep Masakan Penyetan Ikan Pe Pari Asap Sambal Petis

Resep Ikan Pe Sambal Penyet

Ikan Asap Surabaya Oleh Oleh Dari Tepi Suramadu Wego

Ikan Pari Bumbu Kuning By Donna Louisia

Resep Ikan Asap Sambal Ijo Oleh Bunda Azzamy Cookpad


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama