News Update
Loading...

Resep Udang Galah



Resep Ca Udang Galah Hobimasak Info

Resep Udang Goreng Tamarind dalam 15 Menit

Masakan ini termasuk salah satu favorit Ibu saya saat mengolah udang. Simple, cepat dan rasanya pun mantap, apalagi ketika disantap bersama sepiring nasi panas mengepul. Duh bisa tekor di nasi. Dulu ketika saya masih kecil dan tinggal di Paron, setiap pagi penjual udang sungai berjajar di lapak ikan yang terletak di  pasar bagian belakang. Saat itu mereka menjualnya tidak menggunakan timbangan, melainkan dalam bentuk gundukan. Satu gunduk udang atau ikan wadher  mungkin beratnya sekitar 200 gram, biasanya Ibu atau Mbah Wedhok akan membelinya beberapa gunduk untuk membuat bothok atau peyek.  

Udang sungai ini berukuran kecil, maksimal mungkin hanya sebesar jari kelingking orang dewasa. Warnanya abu-abu kehitaman dan ketika dijual masih dalam kondisi fresh, bahkan beberapa diantaranya masih hidup karena baru ditangkap ketika pagi buta. Terkadang beberapa ekor udang saya selamatkan dan masukkan ke dalam ember kecil berisi air untuk dipelihara. Tidak bertahan lama, dalam waktu singkat udang-udang itu sudah masuk ke dalam penggorengan. ^_^

Sayangnya udang sungai mahal harganya, karena itu lauk ini hanya hadir sesekali saja. Nenek saya, Mbah Wedhok, sering meraciknya menjadi bothok bersama tambahan 'segambreng' tempe, daun melinjo, petai cina, dan parutan kelapa muda. Hampir dua kali dalam seminggu bothok udang (udangnya bisa dihitung dengan jari) hadir menjadi lauk kami. Tapi ada saat-saat tertentu ketika udang sungai melimpah ruah di pasar, harganya pun menjadi murah. Ketika itulah udang goreng berbumbu asam Jawa ini hadir di rumah. Karena ukurannya kecil maka tidak pernah ada kegiatan berjudul mengupas kulit udang, hanya bagian kepalanya saja  yang dibuang. Kegiatan menyiangi kepala udang ini paling saya benci karena selain tobat lamanya juga bau amisnya yang melekat di sekujur tubuh membuat kepala pening.

"Mau makan udang goreng asam ngggak? Kalau mau, bantu Mama siangi kepala udang," ancaman ini cukup ampuh untuk membuat kami tekun bekerja di depan sebaskom udang. Walau proses menyianginya terasa musibah namun angin surga mulai berhembus ketika udang berbumbu ini digoreng di wajan. Bau harumnya yang memenuhi rumah, membuat perut mengerang keras dan dengan tidak sabar piring-piring berisi nasi panas mulai dijajarkan ke meja dapur menunggu jatah. ^_^

Kembali ke resep masakan ini, membuat udang  goreng asam atau nama kerennya adalah udang goreng tamarind memang super mudah dan super cepat. Masakan ini mungkin mirip dengan bumbu cumi-cumi asam garam a la Ibu saya yang pernah saya bagikan resepnya pada link disini. Udang berukuran kecil menurut saya akan lebih sedap, crunchy dan lebih gurih rasanya, namun karena udang galah jumbo ini sudah lama mendekam di freezer maka sebaiknya dimanfaatkan. Ketika memasak udang, saya lebih suka bersama kulitnya, kulit udang ini berfungsi melindungi daging udang yang lembut agar tidak over cooked ketika dimasak sehingga rasa manis dagingnya masih terasa. Namun saya kembalikan ke selera anda masing-masing, jika dirasa kulit udang mengganggu kenikmatan saat menyantapnya maka kupaslah terlebih dahulu. 

Bumbunya hanya terdiri atas asam jawa (tamarind), garam, kunyit dan bawang putih. Resep asli Ibu saya tidak menggunakan kunyit sama sekali, namun kunyit menurut saya cukup ampuh menumpas bau amis selain tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jadi menambahkannya bukanlah suatu hal yang merugikan. Udang cukup di-marinade ke dalam bumbu, anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit atau 1 jam hingga bumbu meresap, namun di resep ini saya langsung menggorengnya. Minyak di resep selain berfungsi membuat udang matang dan garing juga untuk membantu bumbu terlumuri dengan baik. Walau kalorinya selangit, namun minyak berbumbu ini mantap surantap disantap bersama nasi hangat. Bagian kesukaan saya adalah membersihkan wajan berlumur bumbu dan minyak dengan  semangkuk nasi putih hingga licin tandas. ^_^

Berikut ini resep dan proses udang goreng tamarind ya. 

Resep Udang Goreng Tamarind

Resep hasil modifikasi sendiri

- 6 ekor udang ukuran besar (saya menggunakan udang galah, bisa menggunakan udang jerbung atau udang berukuran kecil lainnya)

- 3 - 4  sendok makan air asam Jawa yang kental - 1/4 sendok teh kunyit bubuk (1 cm kunyit segar dihaluskan)

- 1 sendok teh garam

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 5 sendok makan minyak goreng

Siapkan udang, buang sungut dan bagian tajam di ujung kepalanya dengan gunting. Potong juga ujung ekornya yang tajam. Gunting kulit di bagian punggungnya, kemudian belah punggung udang dengan pisau, jangan sampai putus. Buang saluran kotoran berwarna hitam di punggung udang.  Cuci bersih udang. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, masukkan segumpal kecil asam jawa dan 100 ml air panas, diamkan 5 menit hingga asam menjadi lunak. Remas-remas, buang ampas asam, ambil sekitar 3 - 4 sendok makan air asam yang kental. 

Siapkan mangkuk,  masukkan air asam jawa, dan sisa bahan lainnya kecuali minyak goreng dan udang, aduk rata. Tambahkan udang yang telah disiangi, aduk rata. 

Note: anda bisa mendiamkan udang berbumbu ini selama 1 jam di chiller

Panaskan minyak di wajan, masukkan udang bersama semua bumbunya. Goreng dengan api sedang hingga udang berwarna kemerahan, kulitnya mengering dan matang. Angkat dan sajikan dengan  nasi hangat. Super yummy!

Gallery Resep Udang Galah

Resep Dan Cara Membuat Udang Goreng Saus Mentega Yang Nikmat

Pindang Udang Galah Enak Resep Tina

Makan Terus Aneka Resep Udang Galah Ummm Bikin

Resep Udang Galah Enak Dentist Chef

Bingung Dalam Mengolah Udang Coba 11 Resep Olahan Udang

Resep Udang Udang Galah Bakar

Resep Kare Udang Hobimasak Info

Resep Udang Galah Bakar Rasa Manis Gurih Yang Berpadu Harmonis

Resep Udang Galah Goreng Oleh Dapureci Cookpad

Udang Bakar Dan Cara Membuat

Resep Udang Tahu Bumbu Kecap Manis Sederhana Wisata

Bingung Dalam Mengolah Udang Coba 11 Resep Olahan Udang

Resep Udang Manis Pedas Jadikan Sebagai Favorit Baru Di Rumah

Resep Sayur Rebung Lezat Dengan Rempah Pilihan Mesin Parut

Resep Udang Galah Gulai Dapur Asrama Dewie Dean

Resep Udang Udang Galah Asam Pedas

Bingung Dalam Mengolah Udang Coba 11 Resep Olahan Udang

Resep Dan Cara Membuat Udang Saus Tiram Yang Nikmat Dan Lezat Untuk Hidangan Keluarga

Resep Udang Telur Asin Gurih Yang Bisa Langsung Dipraktikan

Resep Udang Bakar Madu Resepkoki Co

Resep Udang Galah Goreng Mentega Oleh Nindia Diana


Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama